Kamis, 22 Juni 2017

HUBUNGAN MANAJEMEN DENGAN ORGANISASI DAN ADMINISTRI DALAM PROYEK KONSTRUKSI




Pendapat para ahli dibidang manajemen mengatakan bahwa ada keterkaitan antara manajemen dengan organisasi dan administrasi, organisasi merupakan alat dari administrasi dalam rangka mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan, organisasi sebagai unsur wadah dari administrasi yang bersifat statis yang harus digerakan dengan proses yang dinamis. Proses yang dinamis ini disebut manajemen, agar proses yang statis dapat menjadi dinamis dibutuhkan orang untuk menggerakan orang-orang tersebut disebut manajer

 BAGAN PROSES DINAMIS MANAJEMEN

  
Orang yang melaksanakan atau menggerakan organisasi tersebut disebut manajer, besar kecil dan bentuknya organisasi sangat tergantung dari jumlah anggota manajemen.
Untuk memperoleh hubungan antara manajemen dengan organisasi dan administrasi yang lebih kongkrit berikut diuraian dan pengertian tentang administrasi dan organisasi.

PERNGERTIAN ADMINISTRASI

Administrasi dapat digolongkan menjadi dua pengertian yaitu
a.    Administrasi dalam arti sempit
Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan-kegiatan : catat mencatat, surat menyurat, ketik mengetik, peng-agendaan, pembukuan ringan yang pada umumnya bersifat teknis ketatausahaan.

b.    Administrasi dalam arti luas
Administrasi dalam arti luas beberapa pendapat mengatakan
1)   Administrasi merupakan kegiatan dari kelompok yang melaksana kerja sama untuk mencapai tujuan bersama  menurut Simon H.A.(Public Administration)
2)   Admnistrasi ditentukan sebagai kegiatan bimbingan, kepemimpinan dan  pengawasan dari usaha-usaha kelompok perseorangan/individu menuju tercapainya tujuan bersama menurut William H Newman (Administration action)
3)   Administrasi atau manajemen adalah suatu rencana pendekatan untuk pemecahan semua jenis masalah dalam hamper setiap kegiatan perseorangan/individu atau kelompok baik Negara maupun swasta menurut Dimock,M.E (Public Administration)
4)   Administrasi ditujukan untuk penentuan tujuan dan kebijaksanaan pokok, sedang manajemen ditujukan terhadap pelaksanaan kebijakan Dalton E, Mc. Farland (manajemen) mengemukakan pendapat tentang perbedaan arti administrasi dan manajemen

Dapat disimpulkan dari beberapa pendapat para ahli diatas bahwa untuk pengertian administrasi adalah :
a)   kelompok manusia yang terdidari dua orang atau lebih
b)   kerjasama dari kelompok
c)   kegiatan/proses/usaha
d)   bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
e)   tujuan

PENGERTIAN ORGANISASI 

Pengertian organisasi dapat dilihat dari dua segi yaitu
    a.    Organisasi ditinjau dari segi yang bersifat statis
Organisasi adalah sarana/alat untuk mencapai tujuan, atau dengan kata lain organisai adalah tempat/wadah kegiatan orang-orang yang bekerja sama dalam usaha mencapai tujuan. Dalam wadah ini setiap orang dalam melaksanakan kegiatannya, wewenang dan tanggung jawabnya, hubungan kerjanyamasing-masing harus jelas, setiap organisai mempunyai struktur yang bersifat tetap/permanen dengan tidak tertutup kemungkinan dikembangkan sesuai tuntutan kegiatannya

    b.    Organisasi ditinjau dari segi yang bersifat dinamis
Organisasi yang bersifat dinamis dapat dilihat dari dinamika, aktivitas/kegiatan dan hubungan kerja yang terjadi dalam organisasi baik yang bersifat formal maupun informal, hubungan yang bersifat formal dimaksudkan adalah hubungan yang didasrkan atas tata kerja, tugas kewajiban yang telah diatus secara jelas dalam organisasi. Sedangkan hubungan kerja yang bersifat informal adalah hubungan yang didasarkan atas hubungan inrasional atau tingkah laku pribadi.

Dapat disimpulkan pengertian organisasi adalah :  
  1)   merupakan wadah sekelompok orang untuk melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama
  2)   merupakan hubungan kerja dalam melaksanakan kegiatan bersama baik formal maupun informal untuk mencapai tujuan bersama

PENGERTIAN MANAJEMEN

Manajemen sering disebutkan sebuah sarana atau Tools of Management. Yang dimaksudkan dengan sarana adalah alat yang diperlukan untuk menggerakan kegiatan manajemen dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.
Menurut Peterson, O.F difinisi manajemen adalah “ Penggunaan (the use) sekelompok manusia, material, dan uang untuk mencapai tujuan bersama “ yang terkenal dengan singkatan 3 M
        1)   Men
        2)   Materials
        3)   Money

Menurut Ferry, G,R mengemukan pendapat/teori mengenenai hal ini sebagai berikut “ Sumber yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan dalam manjemen berupa unsur dasar (basic element) atau sarana/alat yang meliputi manusia, bahan, mesin, mwtoda, dan uang “ yang terkenal dengan singkatan 5M
       1)   Men
       2)   Materials
       3)   Machines
       4)   Methods
       5)   Money

Dalam dunia perdagangan teori 3M dan 5M perlu dilengkapi dengan market atau pemasaran maka menjadi 6M yaitu
      1)   Men
      2)   Materials
      3)   Machines
      4)   Methods
      5)   Money
      6)   Market


BAGAN POLA PENGGUNAAN SARANA MANAJEMEN


 KESIMPULAN

Dapat disimpulkan mengenai Hubungan Manjemen dengan Organisasi dan Admnistrasi adalah :

    1.   Manjemen sebagai alat administrasi

    2.   sebagai alat administrasi, manajemen berfungsi untuk mengerakansifat statis administrasi yaitu organisasi

    3.   Fungsi menggerakan organisasi dari manajemen berupa proses dinamis yang meliputi kegiatan-kegiatan planning, organisai, actuating, controlling

    4.   Proses manajemen selau diarahkan untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu

   5.   Dalam pencapaian tujuan, pelaksana manajemen (manajer) menggunakan sarana manajemen itu : men, material, machine, methods, money dan market(dalam perdagangan)

  6.   Penggunaan sarana manajemen dilaksanakan dengan seefisien mungkin berdasarkan prinsip-prinsip manajemen.


Pustaka :
Manajemn Konstruksi oleh Ir. Soegeng Djojowirono
Manajemen Proyek Konstruksi oleh Paulus Nugraha, Ishak Natan, R. Sutjipo
http://www.kompasiana.com


Demikianlah tulisan ini mundahan ada manfaatnya untuk menambah wawasan kita tentang manajemen,admnistrasi dan organisasi, terutama pembaca dan para mahasiswa dibidang manajemen konstruksi proyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BENTUK-BENTUK ORGANISASI DITINJAU DARI BESAR/KECIL VOLUME KEGIATAN

Seperti postingan kami terdahulu Pengertian organisasi dapat dilihat dari dua segi yaitu     a.     Organisasi ditinjau dari segi ya...