
BAGAN
PROSES DINAMIS MANAJEMEN
Untuk memperoleh hubungan antara
manajemen dengan organisasi dan administrasi yang lebih kongkrit berikut
diuraian dan pengertian tentang administrasi dan organisasi.
PERNGERTIAN
ADMINISTRASI
Administrasi dapat digolongkan
menjadi dua pengertian yaitu
a. Administrasi dalam arti sempit
Administrasi
dalam arti sempit adalah kegiatan-kegiatan : catat mencatat, surat menyurat,
ketik mengetik, peng-agendaan, pembukuan ringan yang pada umumnya bersifat
teknis ketatausahaan.
b. Administrasi dalam arti luas
Administrasi
dalam arti luas beberapa pendapat mengatakan
1)
Administrasi merupakan kegiatan dari
kelompok yang melaksana kerja sama untuk mencapai tujuan bersama
menurut Simon H.A.(Public
Administration)
2)
Admnistrasi ditentukan sebagai
kegiatan bimbingan, kepemimpinan dan
pengawasan dari usaha-usaha kelompok perseorangan/individu menuju
tercapainya tujuan bersama menurut
William H Newman (Administration action)
3)
Administrasi atau manajemen adalah
suatu rencana pendekatan untuk pemecahan semua jenis masalah dalam hamper
setiap kegiatan perseorangan/individu atau kelompok baik Negara maupun swasta menurut Dimock,M.E (Public Administration)
4)
Administrasi ditujukan untuk
penentuan tujuan dan kebijaksanaan pokok, sedang manajemen ditujukan terhadap
pelaksanaan kebijakan Dalton
E, Mc. Farland (manajemen) mengemukakan pendapat tentang perbedaan arti
administrasi dan manajemen
Dapat disimpulkan dari beberapa pendapat para ahli diatas bahwa untuk pengertian administrasi adalah :
Dapat disimpulkan dari beberapa pendapat para ahli diatas bahwa untuk pengertian administrasi adalah :
a) kelompok manusia yang terdidari dua
orang atau lebih
b) kerjasama dari kelompok
c) kegiatan/proses/usaha
d) bimbingan, kepemimpinan dan
pengawasan
e) tujuan
PENGERTIAN
ORGANISASI
Pengertian organisasi dapat dilihat
dari dua segi yaitu
a. Organisasi ditinjau dari segi yang
bersifat statis
Organisasi adalah sarana/alat untuk
mencapai tujuan, atau dengan kata lain organisai adalah tempat/wadah kegiatan
orang-orang yang bekerja sama dalam usaha mencapai tujuan. Dalam wadah ini
setiap orang dalam melaksanakan kegiatannya, wewenang dan tanggung jawabnya,
hubungan kerjanyamasing-masing harus jelas, setiap organisai mempunyai struktur
yang bersifat tetap/permanen dengan tidak tertutup kemungkinan dikembangkan
sesuai tuntutan kegiatannya
b. Organisasi ditinjau dari segi yang
bersifat dinamis
Organisasi yang bersifat dinamis
dapat dilihat dari dinamika, aktivitas/kegiatan dan hubungan kerja
yang terjadi dalam organisasi baik yang bersifat formal maupun informal,
hubungan yang bersifat formal dimaksudkan adalah hubungan yang didasrkan atas
tata kerja, tugas kewajiban yang telah diatus secara jelas dalam organisasi.
Sedangkan hubungan kerja yang bersifat informal adalah hubungan yang didasarkan
atas hubungan inrasional atau tingkah laku pribadi.
Dapat disimpulkan pengertian organisasi
adalah :
1) merupakan wadah sekelompok orang
untuk melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama
2) merupakan hubungan kerja dalam
melaksanakan kegiatan bersama baik formal maupun informal untuk mencapai tujuan
bersama
PENGERTIAN
MANAJEMEN
Manajemen sering disebutkan sebuah
sarana atau Tools of Management. Yang dimaksudkan dengan sarana adalah alat
yang diperlukan untuk menggerakan kegiatan manajemen dalam rangka untuk
mencapai suatu tujuan.
Menurut Peterson, O.F difinisi
manajemen adalah “ Penggunaan (the
use) sekelompok manusia, material, dan uang untuk mencapai tujuan bersama “ yang terkenal dengan singkatan 3 M
1) Men
2) Materials
3) Money
Menurut Ferry, G,R mengemukan
pendapat/teori mengenenai hal ini sebagai berikut “ Sumber
yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan dalam manjemen berupa unsur dasar
(basic element) atau sarana/alat yang meliputi manusia, bahan, mesin, mwtoda,
dan uang “
yang terkenal dengan singkatan 5M
1) Men
2) Materials
3) Machines
4) Methods
5) Money
Dalam dunia perdagangan teori 3M dan
5M perlu dilengkapi dengan market atau pemasaran maka menjadi 6M yaitu
1) Men
2) Materials
3) Machines
4) Methods
5) Money
6) Market
BAGAN
POLA PENGGUNAAN SARANA MANAJEMEN
KESIMPULAN
Dapat disimpulkan mengenai Hubungan
Manjemen dengan Organisasi dan
Admnistrasi adalah :
1. Manjemen sebagai alat administrasi
2. sebagai alat administrasi, manajemen
berfungsi untuk mengerakansifat statis administrasi yaitu organisasi
3. Fungsi menggerakan organisasi dari
manajemen berupa proses dinamis yang meliputi kegiatan-kegiatan planning,
organisai, actuating, controlling
4. Proses manajemen selau diarahkan
untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu
5.
Dalam
pencapaian tujuan, pelaksana manajemen (manajer) menggunakan sarana manajemen
itu : men, material, machine, methods,
money dan market(dalam perdagangan)
6. Penggunaan sarana manajemen
dilaksanakan dengan seefisien mungkin berdasarkan prinsip-prinsip manajemen.
Pustaka :
Manajemn Konstruksi oleh Ir. Soegeng
Djojowirono
Manajemen Proyek Konstruksi oleh
Paulus Nugraha, Ishak Natan, R. Sutjipo
http://www.kompasiana.com
Demikianlah tulisan ini mundahan ada
manfaatnya untuk menambah wawasan kita tentang manajemen,admnistrasi dan
organisasi, terutama pembaca dan para mahasiswa dibidang manajemen konstruksi
proyek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar